Press "Enter" to skip to content

3 Jam Bersihkan Tanah Longsor Yang Lumpukan Akses Jalan Nagari Situjuh Tungka, Warga Apresiasi Kepedulian Polres Payakumbuh

Bencana tanah longsor yang terjadi pada hari Jum’at, 20 Desember 2019 sekitar pukul 06.00 WIB di Jorong Sialang, Nagari Situjuh Tungka, Kec. Situjuh Limo Nagari, Kab. 50 Kota telah menutup akses jalan Nagari Situjuh Tungka, Kec. Situjuh Limo Nagari dengan Nagari Situmbuak, Kec. Salimpaung, Kab. Tanah Datar.

Wali Nagari Situjuh Tungka Yusrizal Dt Pado mengungkapkan bahwa longsor yang terjadi akibat tingginya curah hujan sejak Kamis malam hingga Jum’at pagi menyebabkan akses jalan lumpuh total dan warga yang biasa beraktifitas melalui jalan tersebut terpaksa balik kanan mencari akses jalan lain.

Air yang melimpah jatuh membawa tanah dari atas bukit di sisi jalan tidak dapat ditampung oleh saluran air yang ada di pinggir jalan, sehingga tanah dan batu menumpuk menutupi akses jalan aspal milik Pemerintah Kab. 50 Kota penghubung antara Kab.50 Kota dan Kab. Tanah Datar. Kapolsek Situjuh AKP Ali Umar dan personilnya tadi pagi sudah disini bersama warga membersihkan tanah yang menutup jalan”, ujar Yusrizal Dt Pado.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.I.K., M.H. didampingi Wakapolres Payakumbuh Kompol Arie Sulistyo Nugroho S.I.K.,M.H, pejabat utama Polres Payakumbuh dan anggota serta personel Polsek Situjuh Limo Nagari mendatangi lokasi dan langsung membersihkan material longsor. Dengan jumlah personel Polres sebanyak 60 orang bersama masyarakat bahu membahu menarik tanah dan bebatuan ke pinggir jalan dan saluran air sehingga terbawa arus air.

Dibantu 1 unit excavator dan 1 unit damkar dari Pemkab 50 Kota, gotong royong bersama warga berlangsung selama 3 jam sampai akhirnya tanah dan batu yang menutup jalan bersih sehingga jalan dapat dilalui kembali oleh kendaraan.

Warga setempat sangat berterima kasih atas inisiatif dan kepedulian jajaran Polres Payakumbuh, “kami terharu, kaget dan bangga kepada Polres Payakumbuh karena langsung turun membersihkan jalan hingga tuntas sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas melalui jalan ini,” ungkap beberapa warga yang ikut serta membersihkan area tersebut.

Wali Nagari Situjuh Tungka Yusrizal Dt Pado juga mewakili warga mengapresiasi kinerja dan kepedulian jajaran Polres Payakumbuh yang dengan cepat dan tuntas mengatasi keluhan warga. “Kami tidak tahu lagi bagaimana mengungkapkan rasa terima kasih kami, berkat jajaran Polres Payakumbuh, akses jalan ini dapat dibersihkan dan dilalui kembali oleh masyarakat. Seandainya anggota Polres tidak datang sebanyak ini, mungkin lama permasalahan ini baru bisa tuntas.” ujar Yusrizal Dt Pado dihadapan seluruh personel Polres saat apel konsolidasi.

Salah satu warga juga sempat mengungkapkan apresiasinya kepada Kapolres Payakumbuh, “Kami bangga punya kapolres kayak bapak, salut, bapak tidak risih berada di tengah lumpur memegang pacul dan selang pompa air di tengah bencana. Saya jarang memuji orang, tapi kali ini saya angkat topi, wajar warga Solok sangat kehilangan bapak sewaktu pindah“.

Kapolres Payakumbuh mengatakan bahwa merespon cepat bencana sudah menjadi prosedur tetap jajaran Polres. Usai kegiatan, Dony mengucapkan terima kasih kepada jajarannya atas keikhlasan, kepedulian dan kecepatan dalam merepson bencana. “Ini saat yang tepat untuk kita beramal, bukan mencitra atau hanya sekedar menggugurkan kewajiban yaitu saat masyarakat sangat membutuhkan bantuan, kita menghadirkan solusi untuk masyarakat dan bantu masyarakat hingga tuntas, ini hebat. Senyum dan ungkapan terima kasih dari masyarakat, sudah cukup mengobati lelah dan kepuasan batin bagi kita. Semoga apa yang kita lakukan menjadi amal jariyah bagi kita semuanya“, ujar Kapolres Payakumbuh. (CMMND)

Baca Juga : beritasumbar.com, Ratusan Personil Polres Payakumbuh Bersihkan Bekas Longsor.

View this post on Instagram

Polres Payakumbuh Tanggap Bencana Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan Pimpin Jajarannya Bantu Warga Bersihkan Tanah Longsor Di Jorong Sialang, Nagari Situjuh Tungka, Kec. Situjuh Limo Nagari, Kab. 50 Kota Tanah Longsor Setinggi Lutut Orang Dewasa Yang Terjadi Jum'at, 20 Desember 2019, pukul 06.00 WIB Ini, Telah Memutus Akses Jalan Antar Kabupaten 50 Kota Dan Tanah Datar. Gotong Royong Bersama Warga Dibantu 1 Unit Excavator Dan 1 Unit Damkar Ini Berlangsung Selama 3 Jam Hingga Akses Jalan Bersih Dan Dapat Dilalui Kendaraan. Apresiasi Dari Warga Disampaikan Oleh Wali Nagari, Terima Kasih Atas Kepedulian Polres Payakumbuh, Semoga Menjadi Amal Ibadah, Aamiin. @polisi_indonesia @divisihumaspolri @humaspoldasumbar @polisiselebriti @beritasumbar @polisibaik @seputartnipolri @infosumbar @kabarminang @polres.payakumbuh #humaspoldasumbar #polrespayakumbuh #siapuntukselamat

A post shared by Polres Payakumbuh (@polres.payakumbuh) on

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *