Press "Enter" to skip to content

Kapolres Payakumbuh Pimpin FGD Sosialisasi Strategi Pencegahan Curanmor Dan Kecelakaan Lalu Lintas

Dalam rangka menekan angka pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan kecelakaan lalu lintas, Polres Payakumbuh gencar melakukan razia kendaraan, sosialisasi tertib berlalu lintas dan pencegahan curanmor, pemasangan spanduk antisipasi curanmor, penertiban juru parkir serta patroli sekaligus hunting pengendara motor yang tidak dilengkapi surat-surat dan pelanggarannya berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Untuk menguatkan upaya-upaya tersebut, Polres Payakumbuh menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang “Sosialisasi Strategi Pencegahan Curanmor Dan Kecelakaan Lalu Lintas”, di Aula Rupatama Polres Payakumbuh, Rabu (29/01/2020) pukul 09.00 WIB.

FGD yang inisiasi oleh Kasat Binmas Polres Payakumbuh AKP Hikmah, dipimpin langsung oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan dan dihadiri oleh dinas terkait Pemkot Payakumbuh di antaranya Kabid Operasional Dishub, Sekretaris Kominfo, Kasi Trantib Dinas Koperindag, Kabid Ops Sat Pol PP, Danpos Babinsa Koramil 01 Payakumbuh, Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kasat Lantas, Kasat Sabhara, Kasat Binmas dan 25 orang juru parkir se-Kota Payakumbuh.

Mengawalai FGD, Kapolres Payakumbuh mengapresiasi kinerja Dinas Trantib yang sudah beberapa kali membantu Polres Payakumbuh dalam menangkap pelaku kejahatan di sekitar Pasar Payakumbuh, kinerja Satpol PP yang sangat responsif dalam menegakkan Perda serta menyelesaikan permasalahan sosial lainnya dan dukungan Dinas Perhubungan yang sudah beberapa kali turun bersama-sama Sat Lantas melakukan rekayasa lalu lintas dan penertiban juru parkir.

Selanjutnya Kapolres Payakumbuh menggambarkan betapa pentingnya sinergitas dalam penertiban juru parkir untuk membantu mencegah terjadinya curanmor. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebiasan warga Payakumbuh yang sering memarkir motor dengan tidak mengunci stang dan menutup pengaman kunci, ditambah lagi petugas parkir yang sering meminta warga untuk tidak mengunci stang motor dengan alasan agar mudah ditata ulang.

Menyikapi hal ini, Kapolres meminta kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan penertiban dengan cara mewajibkan juru parkir menggunakan seragam, wajib memberikan karcis, mendata dan menertibkan parkir yang tidak resmi, mewajibkan juru parkir mengingatkan warga untuk menutup pengaman kunci dan memarkir stang motornya ke kanan serta lebih berorientasi pada keamanan parkir daripada hanya memikirkan pendapatan.

Pada kesempatan ini, Kapolres juga menggambarkan masih rendahnya budaya tertib berlalu lintas di Kota Payakumbuh yang berkorelasi dengan angka kecelakaan lalu lintas. “Masih banyak kita temukan warga yang tidak menggunakan helm saat berkendara terutama pada sore dan malam hari. Helm masih belum dianggap sebagai kebutuhan. Berdasarkan data pelanggaran satu minggu terakhir, dari 146 pelanggaran, 116 di antaranya pelanggaran tidak menggunakan helm”, ungkapnya.

Untuk menertibkan hal ini kami akan laksanakan sosialisasi dan penindakan setiap hari sampai ada perubahan. Terkait razia setiap hari, tolong bantu Ingatkan teman dan keluarganya masing-masing agar lebih tertib berlalu lintas. Mari kita bekerja sama untuk mewujudkan Kota Payakumbuh sebagai kawasan tertib berlalu lintas. Butuh waktu memang, tapi dengan sinergitas dan kegigihan kita bersama. Kita bisa wujudkan hal ini“, himbau kapolres kepada peserta FGD.

Kapolres Payakumbuh juga mengungkapkan bahwa untuk mendukung strategi tersebut di atas, dirinya akan mengubah Pos Lantas Jl. Sudirman (depan BRI) menjadi Pos Terpadu yang terdiri dari Sat Lantas, Sat Sabhara, Satpol PP, Trantib Dinas Pasar dan Dinas Perhubungan. Ini ditujukan agar dapat merespon dengan cepat bila ada kejadian di sekitar pasar dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. 

Strategi berikutnya kata Kapolres Payakumbuh adalah penambahan CCTV di jalan yang sudah dikoordinasikan dengan Pemkot Payakumbuh serta peluncuran aplikasi android polisiku polres payakumbuh yang sampai saat ini sudah diinstal oleh 727 orang dan sudah banyak memberikan kontribusi terhadap upaya Polres Payakumbuh dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. (Cmmd)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *