Press "Enter" to skip to content

Pasca Longsor Batang Lampasi, Polres Payakumbuh Tanam 35 Bibit Pohon Di Pinggiran Aliran Sungai

Pasca longsornya tebing Sungai Batang Lampasi  Nagari Koto Baru Simalanggang, Kab. 50 Kota, Jajaran Polres Payakumbuh terus gencar melanjutkan program Kapolri “Polri Peduli Penghijauan” dengan melaksanakan penanaman pohon di sepanjang pingiran aliran Sungai Batang Lampasi, Senin, (13/1).

32 orang personel Polres Payakumbuh dipimpin Kasat Sabhara Polres Payakumbuh AKP Akno Pilindo S.H., dan dibantu staf Camat Payakumbuh serta warga Jorong Koto Baru Simalanggang melakukan penanaman 35 bibit Durian, pokat, petai, jambu dan mahoni di sekitar lokasi longsornya tebing Sungai Batang Lampasi.

Penanaman Pohon Oleh Warga

Dalam kegiatan ini turut hadir Camat Payakumbuh yang diwakili oleh Kasi Humas Sadarudin S.Pd, Sekretaris Nagari Koto Baru Simalanggang, Bustanul Arifin dan Kepala Jorong Koto Baru Simalanggang Rifky Yuanda Putra serta Staf Perangkat Nagari bersama 10 Masyarakat petani Sawah Kosiak Nagari Koto Baru Simalanggang, Kec. Payakumbuh Kab. Limapuluh Kota.

Sekretaris Nagari  Bustanul Arifin bersama Perangkat Nagari dan masyarakat yang hadir saat itu menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian jajaran Polres Payakumbuh yang telah ikut turun membersihkan sungai dan menanami pinggiran sungai dengan tanaman buah yang diharapkan nantinya dapat menjaga kelestarian lingkungan di sekitar sungai serta mencegah terjadinya longsor.

Akno Pilindo menitipkan pesan kepada warga setempat untuk menjaga tanaman tersebut hingga nantinya dapat memberikan manfaat bagi warga, bagi lingkungan sekitar dan juga mengantisipasi terjadinya longsor di kemudian hari.

Sementara Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan bahwa jajarannya sudah menanam kurang lebih 700 pohon tidak hanya di lingkungan kantor atau asrama Polres/Polsek tetapi juga melibatkan stakeholder dan masyarakat melakukan penanaman di sepanjang jalan, kantor-kantor pemerintah, wilayah Kecamatan dan Nagari. “Khusus di daerah aliran sungai Batang Lampasi, memang butuh penanganan khusus baik jangka panjang maupun jangka pendek. Selain akan diadakan gotong royong lanjutan, kami juga berinisiasif melakuan penanaman pohon untuk menjaga agar dikemudian hari pohon itu akan memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitar” kata Dony. (Cmmd)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *