Press "Enter" to skip to content

Tanggap Bencana, Polres Payakumbuh Bantu Warga Simalanggang Bersihkan Aliran Batang Namang

Curah hujan yang cukup tinggi telah mengakibatkan luapan dan pengikisan pinggiran Batang Namang sehingga berdampak pada longsornya lahan pertanian masyarakat dan tumbangnya pohon-pohon ke dasar sungai.

Untuk mengatasinya, Ahmad Wali Nagari Simalanggang Kec. Payakumbuh, Kab. 50 Kota dalam suratnya No. 470/II/WN-Smlg/2020 Tanggal 22/01/2020, tanggal 22 Januari 2020, mengundang Polres Payakumbuh, Kodim 0306/50 Kota dan dinas terkait serta masyarakat untuk bergotong royong membersihkan aliran Batang Namang, Jorong Balai Rupih, Nagari Simalanggang pada hari Rabu (30/1).

Sebelum gotong royong dilaksanakan, Kapolsek Payakumbuh AKP Aprinal Lubis, Kepala Jorong Balai Rupih dan masyarakat setempat sempat survei ke lokasi. Hasilnya, memang ditemukan pohon tumbang, tumpukan ranting kayu dan sampah di Batang Namang.

Gotong royong ini dihadiri oleh Kapolsek Payakumbuh, personil Polres Payakumbuh, Kodim 0306/50 Kota, Satpol PP, BPBD, Damkar Kab.50 Kota, perangkat Nagari dan masyarakat bahu membahu membersihkan pohohn tumbang.

Menurut Badan musyawarah (Bamus) Nagari Simalanggang, Samwil, “Apabila aliran sungai tersumbat dan curah hujan tinggi maka dapat mengakibatkan banjir dan longsor sehingga dapat merugikan petani dan masyarakat.”

Kapolsek Payakumbuh mengatakan ” Hari ini Polres Payakumbuh menerjunkan 60 personil. Semoga gotong royong ini dapat memyelamatkan perkampungan dan sawah petani dari musibah banjir. Masyarakat jangan segan-segan untuk meminta bantuan kepada kami, kami akan hadir untuk masyarakat”, pungkasnya.

Wali Nagari Simalanggang, Ahmad mengucapkan terimakasih atas Sinergitas TNI-Polri, BPBD dan instansi terkait “Kami segenap pemerintahan dan masyarakat Nagari Simalanggang sangat berterimakasih kepada Polres Payakumbuh serta Unsur TNI dan seluruh peserta karena telah ikut menyelenggarakan serta mendukung dan melancarkan kegiatan ini”, ucapnya.

Ucapan terima kasih juga datang dari ketua LPM Nagari Balai Rupih Simalanggang, Yazid Rusdi. “Mudah-mudahan kegiatan ini tetap berlanjut ke daerah yang lainnya, kami segenap masyarakat sangat terbantu atas pertolongan dari Polres Payakumbuh bersama Kodim 0306/50 Kota dan segala unsur terkait, semoga kegiatan kita ini dapat menambah pahala kita”, ujar Yazid.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengapresiasi kinerja jajarannya dalam merespon permintaan masyarakat, bekerja dengan gigih dan ikhlas. Sinergitas dalam penanggulangan bencana merupakan prioritas kita bersama. Apalagi sebelumnya pada apel gabungan tanggap bencana di Ngalau Indah, Kamis (23/01), Pemkot Payakumbuh dan Pemkab 50 Kota, TNI, Polri, BPBD dan dinas terkait sudah berkomitmen untuk bersinergi. (Cmmd)

Baca Juga :

Respon Status Darurat Siaga Bencana Sumbar, Payakumbuh Dan 50 Kota Gelar Apel Gabungan Tanggap Bencana

View this post on Instagram

Kamis, 30 Januari 2020 Pukul 09.00 WIB Dilaksanakan Kegiatan Gotong Royong Bersama TNI-Polri Wujud Kepedulian Tanggap Darurat Bencana. Kegiatan Ini Merupakan Wujud Peduli Polres Payakumbuh Dan Sinergitas TNI-Polri Terhadap Tanggap Darurat Bencana Yang Dipusatkan Di Jorong Balai Rupih Nagari Simalanggang Kec.Payakumbuh Kab.50 Kota, Dengan Di Fokuskan Pada Pembersihan Aliran Sungai Batang Sinama. Masyarakat Mengapresiasi Kegiatan Gotong Royong Ini Dan Mengucapkan Banyak Terimakasih Kepada Segenap Jajaran Yang Terlibat. Semoga Sinergitas TNI-Polri Dan Masyarakat Dapat Terjaga Dan Kegiatan Dapat Dilaksanakan Berkelanjutan Untuk Menjaga Soliditas Dan Solidarias. @polisi_indonesia @divisihumaspolri @humaspoldasumbar @polisiselebriti @beritasumbar @polisibaik @seputartnipolri @infosumbar @soalpadang @kabarminang @polres.payakumbuh #humaspoldasumbar #polrespayakumbuh

A post shared by Polres Payakumbuh (@polres.payakumbuh) on

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *