Press "Enter" to skip to content

Kapolres Payakumbuh Beri Reward Kepada IPTU Al Aswandi, Peraih Kalpataru Dari Presiden RI

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, memberikan reward kepada Wakapolsek Luhak IPTU Al Aswandi peraih Kalpataru Kategori Pengabdi Lingkungan Hidup tahun 2014, saat apel pagi Senin, (3/2) di halaman Polres Payakumbuh. 

Reward tersebut diberikan setelah Kapolres Payakumbuh meninjau langsung ke lokasi irigasi yang dibangun Al Aswandi di Ngalau Tabuah, Nagari Sitanang, Kab. 50 Kota, Sabtu (1/2) untuk melihat seberapa besar manfaat yang diberikannya kepada lingkungan.

Al Aswandi menunjukan kepada Kapolres Payakumbuh lokasi dan mekanisme bekerja saluran irigasi yang dibangunnya pada tahun 2002 dengan biaya sendiri sehingga dapat mengairi sekitar 75 hektar sawah masyarakat.

Kapolres Payakumbuh Meninjau Saluran Irigasi Yang Dibangun Al Aswandi

Dirinya juga menunjukkan bagaimana saluran irigasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi sawah tadah hujan milik masyarakat yang dulunya hanya mampu panen sekali dalam setahun, berkat sistem pengairan yang dibangun Al Aswandi akhirnya bisa dipanen tiga kali dalam setahun. 

Selanjutnya, Al Aswandi mengajak Kapolres Payakumbuh meninjau turbin mini yang memanfaatkan aliran air irigasi menjadi sumber tenaga listrik. Tadinya turbin mini tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk sumber energi sebelum masuknya pasokan listrik dari pemerintah. Berdekatan dengan lokasi saluran irigasi, Al Aswandi juga menunjukkan lahan seluas 50 hektar yang telah ia tanami dengan 20.000 bibit pohon mahoni, karet cokelat petai serta durian.

Usai memberikan penghargaan, Kapolres Payakumbuh mengatakan “IPTU Al Aswandi telah menerima Kalpataru, penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup dari Presiden RI, penghargaan dari Kapolri, Kapolda, Bupati dan masih banyak lagi penghargaan yang telah diterimanya. Kali ini saya kembali memberikan penghargaan dengan tujuan untuk kembali menginspirasi kita semua dan mengingatkan kepada kita semua bahwa ada prajurit bhayangkara di Polres Payakumbuh yang patut kita teladani“.

Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman Al Aswandi. Di antaranya kita harus peka dan peduli dengan lingkungan, gigih dalam mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ada di sekitar kita dan yang paling sulit adalah ikhlas mengabdi untuk kepentingan orang banyak. Tidak gampang untuk bisa menjadi pribadi seperti ini“, ujar Kapolres.

Atas penghargaan yang diterimanya dari Kapolres Payakumbuh. Al Aswandi merasa bersyukur dan memberinya kembali semangat untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

“Penghargaan ini bukan milik saya, tetapi milik institusi Polri. Saya meraih penghargaan ini karena saya Polisi, tanpa Kepolisian saya tidak akan bisa bekerja seperti sekarang, sedangkan tanpa saya Kepolisian tetap akan jalan,” ujarnya dengan rendah hati.

Kapolres Payakumbuh yang berusaha menularkan prestasi Al Aswandi kepada jajarannya, mengatakan “Mari kita sama-sama belajar dari pengalaman Al Aswandi. Saya berharap pengalamannya bisa menginspirasi kita semua dalam memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat yang kita layani. Saya juga berharap nantinya akan ada personel Polres Payakumbuh yang mampu mengikuti jejaknya, menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari“.(Hms/Cmmnd)

Baca Juga : Aiptu Al Aswandi, Polisi Peraih Kalpataru Yang Sukses Bangun Irigasi Di Sumbar (news.detik.com)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *