Press "Enter" to skip to content

Sempat Viral Di Medos, Pencuri HP Di Ruko JM Laundry Dengan Modus Pura-Pura Membeli Barang, Sudah 10 Kali Beraksi Di Sumatera Barat

Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh akhirnya berhasil menangkap pelaku pencurian Handphone yang terjadi pada hari Minggu (12/1) di Ruko JM Laundry, Jl Soekarno Hatta, Kota Payakumbuh.

Peristiwa pencurian tersebut sempat viral di media sosial dimana video rekaman cctv pelaku sesaat setelah melakukan aksinya diposting oleh akun instagram sudutpayakumbuh dan cukup banyak dikomentari oleh nitizen.

Dalam rekaman cctv tersebut, terlihat pelaku terburu-buru keluar dari TKP dan mengendarai sepeda motor Honda Vario warna hitam dengan Nomor Polisi BM 2277 AAR.

Kasat Reskrim AKP Ilham menerangkan, setelah kurang lebih 3 minggu melakukan penyelidikan akhirnya Tim Buser Sat Reskrim berhasil mengamankan pelakunya yaitu Bayu Ardinata (39), warga Pekanbaru. Bayu ditangkap petugas pada hari Sabtu (1/2) sore di Pangkalan, wilayah Kabupaten 50 Kota.

Menurut Kasat Reskrim, modus pelaku ini cukup unik yaitu dengan cara pura-pura membeli barang. “Pelaku datang ke TKP memesan pewangi pakaian laundry dengan jumlah yang besar (5 derigen) dan meminta korban untuk mengemas barang pesanannya. Karena korban tidak mempunyai kardus untuk mengemas barang tersebut, korban pergi keluar mencari kardus. Di saat inilah, pelaku beraksi mengambil HP milik korban yang ditinggal di toko”, tambah Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim menambahkan, saat pelaku diamankan, pelaku sedang mengendarai motor Honda Vario No Pol BM 2277 AAR yang digunakannya saat melakukan aksi sebagaimana terekam dalam cctv di TKP.

Menurut Kasat Resrkim, berdasarkan hasil pemeriksaan, ternyata pelaku sudah 10 kali melakukan aksi dengan modus serupa di wilayah hukum Polda Sumbar. Di wilayah Payakumbuh sebanyak 2 kali yaitu tanggal 12 Januari 2020 di Penjual Jus dengan hasil 1 unit HP Oppo A37 dan di JM Laundry dengan hasil 2 unit HP (Samsung J4+ dan Advan).

Di Kota Padang Panjang sekira pada bulan Januari, pelaku menggasak 1 unit HP Samsung J1 hitam milik penjual jus dan 1 unit HP Samsung J2 hitam milik penjual nasi goreng. Selanjutnya di Kabupaten Tanah Datar sekira bulan Januari 2020, pelaku juga berhasil mencuri 1 unit HP Samsung J2 hijau milik penjual jus dan 1 unit HP Redmi 5A milik penjual warung harian.

Sedangkan di Kota Bukittinggi, pelaku beraksi di 4 TKP sekira pada bulan Januari 2020 yaitu di penjual jus dengan hasil 1 unit HP Samsung hitam, penjual air tebu dengan hasil 1 unit HP Redmi 4 Gold, penjual kacang goreng dengan hasil 1 unit HP Oppo dan penjual jeruk dengan hasil 1 unit HP Redmi Note5 gold.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, menghimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi modus seperti ini. “Waspada ketika berinteraksi dengan orang lain, jangan sampai terlena, dan jangan mudah percaya. Bila ada warga Payakumbuh dan sekitarnya yang mengetahui aksi pelaku ini atau pernah menjadi korban, silahkan hubungi kami, kami akan bantu“, sambung Kapolres. (Cmmd/Hms)

View this post on Instagram

Satuan Reskrim Polres Payakumbuh Tangkap Pelaku Pencurian Handphone Hari Sabtu, 1 Februari 2020, Pukul 16.00 WIB, Satuan Reskrim Polres Payakumbuh Amankan Satu Orang Pelaku Tindak Pidana Pencurian Yang Sempat Viral Di Medsos Yang Terekam CCTV, Penangkapan Bertempat Di Pangkalan Kab. 50 Kota TKP Di Toko JM Laundry, Di Kel. Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh Tersangka Yang Diamankan: 1. Bayu Ardinata Pgl Bayu, 39 thn, Wiraswasta, Pondok Indah MC Dermott B No.10 RT 004/RW006 Kel. Tiban, Kec. Sekupang Kota Batam Prov. Kepulauan Riau Barang Bukti Yang Diamankan: 1. 1 Unit Sepeda Motor Merk Honda Vario 125 Warna hitam No.Pol terpasang BM 2277 AAM 2. 1 Lembar STNK An. FARIDA YUNIAR 3. 1 Bh Helm Merk ACH Inovation Warna Hitam Modus: 1. Membeli Pewangi Pakaian Untuk Laudry Dengan Jumlah Besar ( 5 Derigen ) Dan Meminta Untuk Dikemas Kedalam Kardus, selanjutnya korban mencari kardus ke toko lain, kemudian pelaku mempergunakan kesempatan tersebut untuk mengambil HP milik korban dari dalam laci. Berdasarkan hasil pemeriksaan pelaku ternyata juga sudah beberapa kali melakukan aksi dengan modus serupa dan jambret di Bukittinggi, Batusangkar dan Padang. Bagi Warga Kota Payakumbuh dan sekitarnya bila mengetahui atau pernah menjadi korban dari aksi pelaku ini, silahkan hubungi kami Whatsapp di nomor : 6281261111213 Website : https://polrespayakumbuh.org/pengaduan/ @polisi_indonesia @divisihumaspolri @sudutpayakumbuh @humaspoldasumbar @polisiselebriti @beritasumbar @polisibaik @seputartnipolri @infosumbar @kabarminang @polres.payakumbuh #humaspoldasumbar #polrespayakumbuh #sudutpayakumbuh

A post shared by Polres Payakumbuh (@polres.payakumbuh) on

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *