Press "Enter" to skip to content

Warga Apresiasi Respon Cepat Polres Payakumbuh Atasi Longsor Di Jalan Raya Payakumbuh-Lintau

Curah hujan yang cukup tinggi pada hari Selasa (18/02) pukul 01.00 WIB hingga subuh menyebabkan terputusnya akses jalan Raya Payakumbuh-Lintau Km.24, Jorong Kapalo Koto, Nagari Halaban, Kec. Lareh Sago Halaban, Kab. Lima Puluh Kota, akibat longsor. 

Pagi harinya, sambil menunggu bantuan personel dari Polres Payakumbuh dan dukungan peralatan, jajaran Polsek Luhak dipimpin oleh Kapolsek Luhak AKP Amirwan dan masyarakat sekitar dengan menggunakan peralatan seadanya berupa cangkul dan sekop berupaya untuk membersihakn material longsor yang menutup jalan sepanjang 10 meter dengan lebar jalan 3 meter.

Dengan sistem buka tutup, akhirnya upaya ini sudah cukup dapat memberikan akses sementara sehingga dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Dipimpin oleh Kabag Ops Polres Payakumbuh Kompol Basrial, gotong royong kemudian dilanjutkan dengan dukungan personel yang lebih banyak dari personel Polres Payakumbuh, Kodim 0306/50 Kota, BPBD Kab. 50 Kota, Dinas PU Kota Payakumbuh, Damkar Kab.50 Kota, Linmas Nagari Halaban, Staf Nagari dan warga Nagari Halaban.

Polres, TNI, dinas terkait dan masyarakt bahu membahu membersihkan sisa-sisa materil longsor yang menghalangi jalan serta mengganggu aktifitas masyarakat serta kelancaran Lalu lintas di sepanjang jalan Payakumbuh-Lintau.

Setelah alat berat dari Dinas PUPR Provinsi Sumbar dan Damkar Kabupaten 50 Kota didatangkan, sekira pukul 13.30 Wib, jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Limapuluh Kota dengan Kabupaten Tanah Datar ini akhirnya kembali normal dan dapat dilalui oleh kendaraan.

Sekretaris Nagari Halaban Hanafi mewakili warga sekitar menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Payakumbuh, “Kami dari pemerintahan Nagari Halaban mewakili Bapak Wali Nagari Halaban mengucapkan ribuan terimakasih kepada bapak Kapolres beserta jajarannya yang telah membantu penanganan bencana yang terjadi di Nagari Halaban, yang mana telah menurunkan personelnya ke lokasi dalam menanggulangi bencana sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Linmas Nagari Halaban Bapak Amril juga turut menyampaikan ungkapan terimakasih atas bantuan dari  Polres Payakumbuh, “Nama saya amril dari linmas nagari halaban mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Payakumbuh yang telah ikut membantu kami dalam penanggulangan bencana di nagari kami”.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengapresiasi kinerja jajarannya yang dapat dengan cepat merespon bencana longsor tersebut dan berkoordinasi dengan instansi terkait serta bergotong royong membersihkan material longsor hingga tuntas.

Respon cepat ini sangat dibutuhkan ujar Dony, terlebih bila berdampak luas terhadap kelangsungan aktifitas masyarakat antar kabupaten. “Ungkapan terima kasih dari masyarakat menunjukkan bahwa keberadaan kita di tengah masyarakat dapat dirasakan manfaatnya, cukup untuk melatih anggota kita agar berempati dengan permasalahan masyarakat dan memotivasi kita untuk terus memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat” (Hms/Cmmd

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *