Press "Enter" to skip to content

Dukung Tugas Pos Terpadu, Polres Payakumbuh Tambah Fitur Aplikasi Android “Polisiku” Dengan Layanan Pemadam Kebakaran, Ambulance, Laporan Pungli Dan Bencana

Polres Payakumbuh melakukan penambahan fitur layanan aplikasi android “Polisiku Polres Payakumbuh” berupa laporan bencana, pungli, kebutuhan ambulance dan pemadam kebakaran. Penambahan fitur ini diumumkan saat peresmian Pos Terpadu yang berlokasi di Jalan Sudirman, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Senin (24/2).

Sosialiasi penambahan fitur layanan ini dihadiri oleh Walikota Payakumbuh Riza Falefi, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Danyoninf 131/Brs Lektol Inf M. Erfani, Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda, OPD Kota Payakumbuh, pejabat Polres, pimpinan perbankan Kota Payakumbuh, personel Pos Terpadu dari dinas terkait dan perwakilan masyarakat dan pedangan Pasar Payakumbuh.

Usai meresmikan Pos Terpadu yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan MOU, Kapolres memperagakan penambahan fitur layanan aplikasi android “Polisiku Polres Payakumbuh” dihadapan Forkopimda, instansi terkait dan masyarakat.

Tampilan Penambahan Fitur Layanan Aplikasi Android Polisiku Polres Payakumbuh

Salah satu fitur yang diperagakan adalah “laporan kebakaran” atau kebutuhan layanan pemadam kebakaran.  Fitur ini diperagakan oleh petugas Satpol PP dan Damkar Payakumbuh. Ketika ada laporan kebakaran, tidak menunggu lama, laporan tersebut sudah langsung dapat dimonitor di handphone personel Satpol PP dan Damkar dengan informasi berupa notifikasi laporan, identitas pelapor, waktu laporan, isi laporan, lokasi dan koordinat GPS lokasi kejadian kebakaran.

Peragaan Fitur Laporan Kebakaran Oleh Syafrizal Petugas Satpol PP Dan Damkar Kota Payakumbuh

Kapolres sengaja membuka akses penggunaan aplikasi android ini kepada Pemkot Payakumbuh dan Instansi terkait sehingga dapat dikelola bersama-sama. Kapolres mencontohkan bila ada laporan terkait bencana, maka akan langsung dapat dimonitor dan direspon oleh BPBD, laporan pungli oleh Satgas Saber Pungli, kebakaran dan pelanggaran Perda oleh Satpol PP Dan Damkar serta kebutuhan Ambulance oleh Puskesmas.

Penambahan fitur ini ditujukan untuk memangkas birokrasi pelayanan kepada masyarakat. Jadi setiap ada laporan, tidak hanya kepolisian, Pemkot Payakumbuh, BPBD, Puskesmas dapat langsung memonitor dan menindaklanjuti aduan dan permintaan dari masyarakat. Laporan langsung diterima di handhphone masing-masing. Aplikasi ini sudah menjadi milik kita bersama, mari kita manfaatkan untuk mendukung tugas kita dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat”, tambah Dony

Walikota Payakumbuh mengungkapkan apresiasinya terkait peresmian Pos Terpadu dan penambahan fitur layanan aplikasi android, “Ini merupakan terobosan dan inovasi yang sangat luar biasa. Kita apresiasi sekali kepada pak Kapolres yang sudah berinisiatif sehingga kita semua bisa bekerja sama untuk memberikan kebaikan kepada masyarakat, keamanan dan ketertiban , karena selama ini, itulah yang kita butuhkan“, ujar Walikota.

“Banyak keuntungan yang dapat warga manfaatkan dari aplikasi yang dikembangkan oleh Polres Payakumbuh. Aplikasi ini memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan baik dari Pemkot, dinas terkait maupun Polres. Pos Terpadu dan Aplikasi Android menjadi pemacu bagi kita untuk lebih meningkatkan sinergitas dalam membangun kota Payakumbuh menjadi lebih baik’, sambung Walikota.

Kapolres meminta agar Pemkot dan dinas terkait membantu mensosialisasikan penambahan fitur ini kepada masyarakat. Berdasarkan masukan dari Pemkot Payakumbuh dan masyarakat, dalam waktu dekat dalam aplikasi tersebut akan ditambahkan juga layanan laporan listrik padam dan kebutuhan alat berat dari dinas PU yang akan dicoba dikoordinasikan dengan PLN dan Pemkot. (Hms/Cmmd).

Baca Juga : Demi Payakumbuh Aman Dan Kondusif, Walikota Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota Dan Kapolres Payakumbuh Resmikan Pos Pengamanan Terpadu

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *