Polres Payakumbuh umumkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Bulan Januari 2020 yang diselenggarakan secara online dan mandiri terhadap tiga pelayanan utama Polres Payakumbuh meliputi pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).
Wakapolres Payakumbuh Kompol Ari Sulistyo Nugroho, S.I.K sebagai Ketua Pelaksana Pembangunan Zona Integritas (ZI) mengungkapkan bahwa SKM dilakukan kepada masyarakat yang telah mengikuti pelayanan publik di Polres Payakumbuh. Jumlah responden yang mengikuti SKM pada bulan Januari 2020 sebanyak 426 orang, terdiri dari 222 orang laki-laki dan 204 perempuan.
Menurutnya, meskipun terlambat dirilis, hasil SKM bulan Januari 2020 cukup mencengangkan dimana rata-rata 95,56 % responden berpersepsi ketiga layanan utama Polres Payakumbuh “sangat baik” dari nilai maksimal 100. Sedangkan untuk hasil Indek Persepsi Korupsi dengan nilai rata-rata indeks 3,82 atau bersih dari korupsi dari nilai kisaran tertinggi 4,00.

Kasat Intelkam IPTU Luhur Fachri (Ketua Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik) kemudian merinci hasil SKM tersebut dimana hasil tertinggi diperoleh pelayanan SPKT dengan hasil 96,56 (kategori “sangat baik”) dan indeks persepsi korupsi 3,86. Disusul oleh pelayanan SIM dengan hasil 95,28 masih dalam kategori “sangat baik” dengan indeks persepsi korupsi 3,81. Terakhir, pelayanan SKCK dengan hasil 94, 85 juga masih dalam kategori “sangat baik”, dengan indeks persepsi korupsi 3,79.
Luhur mengatakan “Kami mewakili Kapolres Payakumbuh mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat yang telah meluangkan waktu dalam mengikuti survei kami. Temuan, masukan dan saran akan kami prioritaskan secara berkelanjutan untuk peningkatan kualitas pelayana publik kami“.
“Kamipun bermohon untuk selanjutnya kepada masyarakat kiranya tetap berkenan mengisi survei yang diberikan setiap usai menerima pelayanan dari kami. Kami butuhkan masukan dari masyarakat untuk pembenahan kualitas pelayanan kami“, pungkas Luhur.
Sementara Kapolres Payakumbuh mengatakan bahwa upayanya dalam mengukur kualitas pelayanan publik ini dilakukan dalam rangka pembangunan ZI agar pelayanan publik betul-betul berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Kami akan terus berbenah sampai masyarakat menilai pelayanan kami tetap baik atau lebih baik lagi.
Kapolres Payakumbuh menganggap capaian di awal bulan yang sudah sangat tinggi hasilnya ini, akan sangat sulit dipertahankan. Jajarannya harus mampu menjaga capaian ini, sementara menurutnya masih perlu pembenahan-pembenahan baik dari aspek sarana prasarana terlebih lagi budaya melayani yang harus terus diawasi, dievaluasi dan dibenahi. (Hms)
Baca juga : Survei Kepuasan Masyarakat Online, 83% Responden Nyatakan Pelayanan Publik Polres Payakumbuh “Sangat Baik”
Be First to Comment