Press "Enter" to skip to content

Perhatian Polres Payakumbuh Kepada Personelnya Yang Berstatus ODP

Polres Payakumbuh melakukan pengawasan terhadap tiga orang personel Polres Payakumbuh yang melakukan isolasi atau karantina mandiri di rumahnya masing-masing pasca baru kembali dari daerah yang terjangkit wabah virus corona (covid-19).

Ketiga personel tersebut berstatus orang dalam pengawasan (ODP) karena selesai melaksanakan cuti dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan DKI Jakarta, serta selesai pendidikan kejuruan (Dikjur) lalu lintas di Pusdik Lantas Serpong.

Saat dikonfirmasi, Kabag Sumda KOMPOL Russirwan membenarkan isolasi mandiri dari ketiga personel tersebut, dan pada hari Selasa (14/4) Kabag Sumda beserta anggota melakukan pengecekan terhadap personel yang melakukan isolasi mandiri dirumahnya.

“Ketiga personel tersebut sudah diperintahkan oleh Kapolres untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Tidak datang ke kantor dan tidak pula melakukan interaksi dengan orang disekelilingnya”, ujar Kabag Sumda.

Adapun ketiga personel tersebut diperintahkan untuk melakukan isolasi mandiri dirumah terhitung mulai dari tanggal 7 April sampai dengan 20 April 2020.

”Dua personel kita habis melaksanakan cuti yang mana salah satunya habis menjenguk orang tuanya yang meninggal dari Nias, dan satunya lagi baru pulang dari Jakarta. Sedangkan untuk yang pergi kejuruan lalu lintas, pendidikan selesai pada tanggal 31 Maret dan sampai di Payakumbuh pada tanggal 7 April dan langsung melakukan isolasi mandiri dirumahnya”, ucapnya.

Untuk kondisi kesehatan ketiga personel masih dalam kondisi sehat dan belum ada keluhan bahkan gejala-gejala terjangkit.

“Kita juga telah memberikan arahan, kalau memang ada gejala yang dirasakan, mereka diwajibkan langsung melapor ke bagian kesehatan Polres Payakumbuh ataupun Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Terakhir, Kabag Sumda juga menambahkan bahwa selain memerintahkan untuk melakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing, ketiga personel tersebut juga diberi sembako.

Pemberian sembako kepada personel yang melakukan isolasi mandiri dirumah.

“Kita juga membekali personel dengan sembako berupa beras, gula, minyak goreng, mie instan, teh, dan telur, hal ini bertujuan agar personel tersebut tidak keluar rumah untuk membeli kebutuhan harian”, imbuhnya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menyampaikan bahwa langkah pencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing bagi setiap anggota Polri yang datang dari daerah terdampak, sekaligus menjadi contoh kepada masyarakat untuk melaksanakan karantina diri bila baru pulang.

“Nantinya apabila telah berakhir masa isolasi, dan kondisi kesehatan mereka dinyatakan baik dan tidak termasuk OPD atau pun PDP, barulah ketiga personel tersebut diperbolehkan lagi untuk berdinas seperti biasa dan melakukan aktifitas seperti biasanya”, ujar Kapolres menjelasakan. (Hms)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.