Press "Enter" to skip to content

Kapolda Sumbar Resmikan Pelayanan Publik Satu Atap Polres Payakumbuh

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, M.H., meresmikan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), pelayanan kepolisian satu atap Polres Payakumbuh, Rabu (17/6) siang di Mapolres Payakumbuh.

Peresmian ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sumbar dengan disaksikan oleh Pejabat Utama Polda Sumbar dan Polres Payakumbuh di halaman SPKT, tepatnya di samping pelayanan front office.

Sebelumnya, Kapolda terlebih dahulu meninjau standar pelayanan dan protokol kesehatan mulai dari front office lanjut ke dalam ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) milik Polres Payakumbuh.

Didampingi Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, Kapolda Sumbar mengikuti protokol kesehatan di depan front office yaitu sterilisasi di bilik antiseptik dan cuci tangan. Kemudian Kapolda meninjau mesin check bag x-ray untuk memeriksa barang bawan pengunjung, standar pelayanan dan protokol kesehatan front office, ruang pelayanan SKCK, SIM dan SPKT yang berada dalam satu gedung.

Kapolres juga memaparkan kepada Kapolda Sumbar data statistik pengunaan aplikasi android “polisiku” yg dipasang di depan gedung SPKT.

Menurutnya, “selama 6 bulan sejak diluncurkan tanggal 23 Januari 2020, aplikasi polisiku telah digunakan warga dengan rincian 473 pengguna tombol panik, 94 pengaduan, 689 pendaftar SIM, 1.136 pendaftar SKCK, 20 izin keramaian, 61 surat kehilangan, 5 aduan terkait lalu lintas, 2 permohonan pengawalan, 4 permohonan pengamanan, 16 aduan untuk PLN, 6 aduan kebakaran, 4 permohonan ambulance, 2 laporan bencana dan 2 laporan saber pungli“.

Selanjutnya, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menunjukkan kepada Kapolda protokol kesehatan di tiap-tiap ruang pelayanan antara lain pembatas plastik di tempat interaksi antara petugas dan masyarakat pada tiap-tiap ruangan, pembatas tanda silang di kursi tunggu untuk menjamin jaga jarak, petugas pelayanan menggunakan face shiled dan sarung tangan.

Kapolda Sumbar memastikan bahwa protokol kesehatan dan standar pelayanan terpenuhi secara bersamaan agar petugas dan masyakat sama-sama aman dari penularan Covid-19, di lain sisi, masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan“, sambung Kapolres.

Melihat kenyamanan ruangan, kelengkapan standar pelayanan dan protokol kesehatan di ruang SPKT, Kapolda Sumbar menyampaikan apresiasinya. “Seharusnya yang seperti ini bisa dicontoh di tempat lain“, ujar Kapolda kepada Kapolres Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumbar atas kesediaan beliau meninjau dan meresmikan SPKT. “Ini menjadi penyemangat bagi kami dalam menyiapkan diri membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK)”, pungkasnya. (Hms)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *