Press "Enter" to skip to content

HUT Bhayangkara Ke-74, Ratusan Dhuafa Terima Sembako Hasil Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh, Wako Riza : Kapolres Luar Biasa Kerjanya

Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020 disambut oleh Polres Kota Payakumbuh dengan rangkaian kegiatan bakti sosial. Ratusan paket sembako dibagikan kepada dhuafa yang ada di Kota Payakumbuh di Mapolres, Senin (22/6) sore.

Menariknya, sembako yang dibagikan adalah hasil panen Taman Pangan Terpadu yang berada di halaman belakang Polresta Payakumbuh itu. Pembagian sembako itu tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker dan jaga jarak.

Mewakili seluruh warga Payakumbuh, kita apresiasi Kapolres AKBP Dony Setiawan yang luar biasa kerjanya untuk Payakumbuh, semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga kita, terimakasih banyak dan selamat HUT Bhayangkara ke 74,” kata Wali Kota Riza Falepi di Balaikota kepada media.

Wali Kota Riza juga menyebut taman pangan terpadu dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini juga diaplikasikan di kampung tangguh yang baru saja diresmikan Gubernur bersama Kapolda dan Danrem beberapa waktu lalu.

Kita berharap pembinaan yang dilakukan Kapolres kepada kampung-kampung tangguh kita ini nanti bakal memberi hasil yang bagus dan ditiru oleh kelurahan lainnya,” kata Riza.

Kapolres AKBP Dony Setiawan mengatakan dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-74 kali ini, beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah donor darah, pembagian bansos, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

Panen Taman Pangan Terpadu

Hari ini kita panen dan bagikan hasil taman pangan terpadu kita kepada masyarakat. Ternyata hasilnya banyak juga. Dari 100 paket sembako yg dibagikan, tiap-tiap warga mendapatkan 5 KG beras dari Mabes Polri ditambahkan hasil panen Taman Pangan Terpadu berupa telur ayam, pakcoy, kangkung, bawang, cabe merah, selada hijau, terung dan kembang kol“, ujar Kapolres.

Dijelaskan Kapolres Dony, Taman Pangan Polres menggabungkan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan pertanian terpadu yaitu memanfaatkan halaman untuk pertanian, peternakan dan perikanan dalam satu tempat.

Hasil Panen Taman Pangan Terpadu

“Kami masih belajar membangun ekosistem yang berkelanjutan di taman pangan ini. Berkat dukungan dari Walikota dan bantuan teknis dari Kadis Ketahanan Pangan dan Kadis Pertanian, Taman Pangan Terpadu bisa bermanfaat tidak hanya untuk personel tapi juga untuk masyarakat sekitar Polres”, ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Dony menjelaskan bahwa selain sebagai wujud nyata dari Program Polri Peduli Ketahanan dan Kemandirian Pangan. Tujuannya adalah untuk menginspirasi personel dan masyarakat agar dapat mandiri pangan dengan motto “tanam apa yang kita makan, memanfaatkan lahan yang ada guna memenuhi kebutuhan harian.

Enzurni (58) warga Kelurahan Tiakar menyebut terharu dengan perhatian Polres Kota Payakumbuh, bahkan bantuan-bantuan sembako tak hanya diterima mereka saat hari besar saja, di tengah pandemi Covid-19, Bhabinkamtibmas juga aktif membantu warga ke rumah-rumah.

Alhamdulillah, Polres Kota Payakumbuh mantap. Sudah banyak membantu warga yang kesusahan. Kami berharap semoga Bhayangkara semakin jaya dan lebih bagus lagi ke depannya. Selamat HUT Bhayangkara ke-74”, ujarnya saat diwawancara media. (FS/Hms)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *