Press "Enter" to skip to content

Kaji Model Pelayanan Publik Di Masa Pandemi Covid-19, Mabes Polri Tinjau Pelayanan Polres Dan Pemkot Payakumbuh

Dalam rangka mengkaji model pelayanan publik di tengah Pandemi Covid-19, Tim Asisten Perencanaan (Srena) Mabes Polri meninjau pelayanan publik Polres Payakumbuh dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkot Payakumbuh, Kamis, 16 Juli 2020.

Tim Srena Mabes Polri yang terdiri dari Kombes Fajar Rasyid dan AKBP Jumadi didampingi oleh Kabag Reformasi Birokrasi Polda Sumbar AKPB Bagus Setiyono meninjau protokol kesehatan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Payakumbuh dan MPP Pemkot Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka mengecek praktik terbaik dalam penerapan kualitas pelayanan publik sekaligus protokol kesehatan pelayanan kepolisian yang diselenggarakan di Polres Payakumbuh dan Mall Pelayanan Publik Pemkot Payakumbuh.

Kunjungan diawali di Polres Payakumbuh. Tim Srena Polri menyaksikan penerapan protokol kesehatan di Front Office dan ruang-ruang pelayanan SKCK, SIM, laporan kehilangan dan pelayanan penerimaan pengaduan yang terdapat dalam satu gedung.

Tidak hanya itu kata Kapolres Payakumbuh, Tim juga mempelajari kualitas pelayanan publik dengan memastikan standar pelayanan, fasilitas pendukung layanan termasuk fasilitas untuk kelompok rentan sudah diselenggarakan dengan baik.

Setelah itu sambung Kapolres Payakumbuh, kunjungan dilanjutkan dengan memeriksa pelayanan Polres Payakumbuh yang terdapat di MPP Pemkot Payakumbuh meliputi pelayanan penerimaan pengaduan, laporan kehilangan dan penerbitan SKCK.

Kunjungan Srena Mabes Polri Di Mall Pelayanan Publik Pemkot Payakumbuh

Setelah melalui tahapan protokol kesehatan sebelum memasuki MPP Pemkot Payakumbuh, Tim disambut oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi dengan didampingi oleh Sekdako Rida Ananda dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Payakumbuh, Harmayunis.

Walikota Payakumbuh dan Kadis DPMPTSP Harmayunis mengantarkan tim untuk memeriksa protokol kesehatan dan standar pelayanan yang ada di MPP.

Kepada tim, Walikota mengatakan bahwa “saat ini ada sebanyak 167 layanan yang ada di MPP Kota Payakumbuh, ramah terhadap penyandang difabel serta memiliki kamar mandi kualitas bintang lima. Kita selalu memberikan layanan prima bagi masyarakat yang berhubungan dengan segala hal di Balaikota ini”.

Walikota juga menyampaikan usulan dari masyarakat terkait tambahan jenis pelayanan kepolisian di MPP yaitu perpanjangan SIM dan ini sudah diusulkan dan akan dibahas realisasinya.

Sementara itu, Tim Srena Polri Kombes Pol Fajar Rasyid, sangat mengapresiasi protokol kesehatan dan standar pelayanan yang ada di MPP Payakumbuh. Dimana seluruh layanan yang ada terlihat ramah terhadap masyarakat rentan serta mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kami lihat disini pelayanannya sudah optimal dan sesuai instruksi Menpan RB, dimana pelayanan publik di masa pandemi harus menyelenggarakan protokol kesehatan. Dan hal tersebut sudah diaplikasikan di MPP Kota Payakumbuh. Ini betul-betul suatu hal yang luar biasa yang kita temui,” ucapnya. (Hms)

Baca Juga :

Tim Penilai Internal Mabes Polri, Periksa Kesiapan Pembangunan Zona Integritas Polres Payakumbuh

Tim Mabes Polri Datangi Mall Pelayanan Publik Payakumbuh

Tim Mabes Polri Kunjungi Pelayanan Publik Polres Dan MPP Payakumbuh

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *