Press "Enter" to skip to content

Operasi Zebra 2020, Kapolri Instruksikan Tidak Ada Penilangan

Operasi Zebra tahun 2020 masih berlangsung, dimulai sejak hari Senin (26/10/2020) lalu, operasi ini berlangsung selama 2 pekan hingga tanggal 8 November 2020 mendatang.

Karena dalam masa pandemi Covid-19, seiring berjalannya operasi, maka keluar instruksi dari Kapolri Jenderal Idham Aziz bahwa untuk tahun ini sanksi tilang ditiadakan.

Hal ini berdasarkan Surat Telegram nomor : ST/3092/X/OPS.1.1./2020, tanggal 29 Oktober 2020 yang berbunyi “Bahwa dalam pelaksanaan Operasi “Zebra – 2020” tidak berorientasi pada gakkum lantas/ tilang, namun seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan prefentif yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat”.

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira menuturkan, sesuai perintah terbaru dari Jenderal Idham Aziz, bahwa tidak ada lagi penilangan dan tidak ada target penilangan, dan lebih ke tindakan persuasif dan giat simpatik kepada para pengendara.

“Sebagaimana arahan Pak Kapolri Jenderal Idham Azis, beliau memberikan arahan bahwa Operasi Zebra tahun ini lebih mengedepankan simpatik dan edukasi,” ujar Kapolres.

 

Dalam hal ini operasi lebih bertujuan untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas, serta mematuhi protokol kesehatan.

Pelaksanaan Operasi Zebra pada minggu awal dibarengi dengan cuti bersama dan libur panjang Maulid Nabi.

Kasat Lantas AKP Yuneldi Chainir menuturkan, meski Operasi Zebra waktunya bertepatan dengan libur panjang, namun dia memastikan jajarannya akan tetap siap siaga, baik untuk pengamanan dan juga operasi.

Tak lupa ia mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, dengan menggunakan masker dan menjaga jarak serta selalu mencuci tangan saat beraktivitas di luar rumah.

“Saat berkendara tetap gunakan masker, agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19 dan upaya pencegahan dari penyebaran dan penularannya,” imbaunya. (Amel)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *