Press "Enter" to skip to content

Tim Penilai Internal Dari Mabes Polri Kunjungi Polres Payakumbuh, Tinjau Pelaksanaan Zona Integritas Menuju WBK

Polres Payakumbuh menerima kedatangan Tim Penilai Internal Zona Integritas (ZI) Mabes Polri, dalam rangka peninjauan capaian target pelaksanaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Polres Payakumbuh, Rabu(18/11/2020).

Kedatangan rombongan tim penilai internal dipimpin oleh AKBP Jumadi dan disambut langsung oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, bersama PJU Polres Payakumbuh.

Hadir dalam kegiatan tersebut pejabat utama Polres Payakumbuh, dan personil Payakumbuh. Selanjutnya pembukaan penilaian Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah WBK berlangsung di Aula Rupatama, Polres Payakumbuh.

Dalam penyampaiannya, AKBP Jumadi menyampaikan, saat ini Polres Payakumbuh mendapatkan nilai yang tertinggi se-Indonesia dari tim penilai Internal Mabes Polri. “Kita mendoakan agar lancar meraih Predikat Zi Wbk tahun 2020 ini,” sebut AKBP Jumadi dalam penyampaiannya.

Kapolres AKBP Alex Prawira menyebut, Polres Payakumbuh merupakan unit kerja Polri di Provinsi Sumatera Barat yang bertugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan ke masyarakat.

“Saat ini Polres Payakumbuh terus berusaha membangun Zona Integritas untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi. Pembangunan Zona Integritas digencarkan dalam rangka mempercepat tercapainya reformasi birokrasi di institusi Polri,” kata Alex Prawira.

Seluruh jajaran Polres Payakumbuh, lanjut Kapolres, berkomitmen membangun Zona Integritas, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Untuk mencapai predikat tersebut Polres Payakumbuh telah melakukan tahapan pembangunan Zona Integritas. Diantaranya, melakukan sosialiasasi pencanangan pembangunan Zona Integritas dan penandatanganan pakta integritas.

Adapun demi tercapainya Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Polres Payakumbuh juga sudah menyusun rencana kerja. Pertama, manajemen Perubahan Polres Payakumbuh melakukan upaya perubahan pola pikir dan budaya kerja secara sistematis dan konsisten.

Kedua, penataan tata-laksana Polres Payakumbuh melakukan upaya peningkatan efisiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien serta terukur pada zona integritas menuju wilayah bebas korupsi. Diantaranya, penyusunan SOP, E-Office dan keterbukaan informasi publik.

Ketiga, penataan sistem manajemen sumber daya manusia. Dalam program ini Polres Payakumbuh telah berupaya meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia melalui berbagai upaya.

Diantaranya, ketaatan terhadap pengelolaan sumber daya manusia, transparasi dan akuntabilitas, kedisiplinan, efektifitas dan profesionalisme sumber daya manusia aparatur pada Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Keempat, penguatan akuntabilitas. Dalam program ini, Polres Payakumbuh berusaha mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan dalam mencapai misi dan tujuan organisasi.

Yakni dengan keterlibatan pimpinan target yang ingin dicapai dengan meningkatkan kinerja dan akuntabilitas. Kelima, untuk penguatan pengawasan Polres Payakumbuh berusaha meningkatkan penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan bebas KKN.

Program ini dilaksanakan menerapkan penguatan pengawasan berupa pengendalian gratifikasi, penerapan sistem pengawasan internal pemerintah (SPIP), pengaduan masyarakat, whistle blowing system, penanganan benturan kepentingan, dan penyampaian laporan harta kekayaan penyelenggara negara.

Keenam, dalam peningkatan kualitas pelayanan publik Polres Payakumbuh berupaya meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada setiap jenis layanan. Upaya-upaya yang dilakukan, antara lain, menyediakan fasilitas dan sarana pendukung yang memadai.

Kemudian, peningkatan publiakasi, inovasi aplikasi android Polisiku, inovasi front office, SPKT Mobile, bezuk tahanan online, hilang temu Ranmor dan SPKT terpadu.

Selanjutnya, tampilan sekilas MPP, SKM online, tampilan release SKM, testimoni masyarakatdan
testimoni Walikota Payakumbuh. Upaya itu dinilai sejalan dengan program Kapolres AKBP Alex Prawira, yakni Polres Payakumbuh Beribadah.

“Polres Payakumbuh berkomitmen siap mewujudkan birokrasi yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme,” sebut Kapolres. (akg/Aml)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *