Press "Enter" to skip to content

Polres Payakumbuh Ikuti Dialog Publik RUU KUHP Secara Hybrid

Personil Polres Payakumbuh yang di pimpin oleh Kasat Reskrim AKP Akno Pilindo, S.H mengikuti dialog publik mengenai sosialisasi Rancangan Undang Undang (RUU) KUHP yang di selenggarakan oleh Kajati Padang secra hybrid bertempat di ruang vicon Polres Payakumbuh, Selasa (27/9)

Kegiatan di awali dengan pembukan sosialisasi oleh Menkopolhukam Prof. Dr. H. Mahfud MD, S.H,S.U.M.I.F dan kata sambutan oleh Jampidum Kejagung RI Dr. Fadil Zumhana.

Selanjutnya nara sumber yang di ketuai Prof. Dr. Hakristuti, S.H.M.A.Ph.D menjelaskan bahwa RKUHP membawa semangat pembaharuan sehingga aturan-aturan KUHP bisa menjadi aturan yang lebih komprehensif dan memberikan kepastian hukum yang lebih baik.

” RKUHP, di antara semua yang ada, adalah aturan yang cukup fundamental dan cukup mendasar dan menjadi landasan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Karena ia menjadi pedoman perilaku yang memberikan sanksi sekaligus perlindungan atas hal-hal apa yang baik atau yang boleh dilakukan dan juga hal-hal apa yang buruk dan tidak boleh dilakukan,” ujar Prof Hakristuti.

Prof Kristuti meyakini semangat pembaruan dan upaya pemerintah untuk menjadikan KUHP menjadi aturan yang lebih baik tidak akan tercapai tanpa dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

“Ini untuk bersama, untuk seluruh rakyat Indonesia dan karena itu penting untuk seluruh rakyat Indonesia bisa berpartisipasi memberikan masukan, aspirasinya, dan memiliki pemahaman yang benar atas maksud dan tujuan substansi dari revisi RKUHP,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan daring ini aparat penegak hukum diantaranya Polri, Jaksa, Hakim se Provinsi Sumatera Barat serta tokoh masyarakat Sumbar / LPM. (hms*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.