Press "Enter" to skip to content

Beri Edukasi Pelanggar Lalu Lintas Usia Remaja, Sat Lantas Polres Payakumbuh Gerakan “SIAR”

Tak hanya melakukan tindakan penegakan hukum bagi para pelanggar lalu lintas termasuk di usia remaja, Sat Lantas Polres Payakumbuh juga berikan pendidikan edukasi bagi para pelanggar usia remaja dalam program SIAR ( Sosialisasi Pelanggar Usia Remaja ), Kamis (10/11) bertempat di ruang ujian teori Satuan Lalu Lintas Polres Payakumbuh ketika para pelanggar yang berusia remaja ini mengambil barang bukti tilang berupa kendaraan setelah melalui proses persidangan di pengadilan.

Ketika di konfirmasi Kasat Lantas Polres Payakumbuh Iptu Anggy Prasetyo, S.T.K.S.I.K menerangkan menciptakan Kamseltibcar Lantas yang kondusif tidak hanya di lakukan dengan tindakan gakkum saja, bisa juga melalui teguran dan edukasi apalagi pelanggar masih berusia remaja.

” Pada usia remaja yang masih rentan pada umumnya mereka masih mengedepankan sifat egosentris dalam perbuatan termasuk dalam berkendara, ini dapat kami lihat karena banyaknya pelanggar lalu lintas yang masih di usia remaja berdasarkan temuan di lapangan, oleh sebab itu perlu rasanya bagi mereka untuk di berikan pemahaman dan pengertian akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas, ” terang Iptu Anggy.

Pemberian sosialisasi nyatanya tidak tertuju pada para pelanggar remaja saja, penting kiranya peran orang tua di rumah untuk mengawasi dan membatasi segala prilaku putra dan putrinya untuk tidak melakukan pelanggaran ketika berkendara.

” Kita juga mengundang para orang tua dalam sosialisasi ini, gunanya apa? Agar mereka juga paham akan bahaya yang mengancam keselamatan putra putrinya jika melanggar aturan berlalu lintas dalam berkendara, ” imbuh Kasat.

Pemberian sosialisasi keselamatan berlalu lintas ini rupanya juga rutin di lakukan oleh Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Payakumbuh, bekerja sama dengan fungsi Binmas ke dua fungsi yang berbeda namun dalam satu kesatuan ini kerap berkunjung ke sekolah-sekolah berikan himbauan pentingnya mengutamakan keselamatan diri dan pengguna jalan lainya dalam berlalu lintas.

” Melalui program-program penyuluhan dan sosialisasi seperti yang telah kita lakukan ini harapanya dapat menciptakan Kamseltibcar lantas yang kondusif di Kota Payakumbuh serta dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas, ” pungkas Anggy. (hms*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.