Press "Enter" to skip to content

Kapolres Payakumbuh Hadiri Upacara Peristiwa Situjuh ke-74

Payakumbuh,- Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.I.K.M.H hadiri upacara peringatan peristiwa Situjuh ke-74 yang di laksanakan di Lapangam Chatib Sulaiman Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Minggu (15/01) pagi.

Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P hadir memimpin upacara yang bertajuk ” BANGKIT BELA NEGARAKU JAYA INDONESIAKU ” tersebut.

Rangkaian upacara yang diikuti oleh seluruh masyarakat dari segala kalangan ini berlangsung dengan sangat khidmat di mulai dengan mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila oleh inspektur upacara, dilanjutkan pembacaan naskah UUD 45.

Dalam amanatnya, gubernur mengatakan bahwa perjuangan dan kemerdakaan yang di raih oleh para pejuang terdahulu karena berlandaskan semangat keagamaan dan ketuhanan, apapun jenis agama dan kepercayaanya.

” Apapun jenis agama dan kepercayaanya ketika mereka di panggil mereka menunjukan akan kedekatan mereka dengan agama yang menjadi spirit untuk melawan penjajah, ” terangnya.

Gubernur mengajak para masyarakat Sumatera Barat untuk tetap menjadi garda terdepan untuk menjaga dan merawat negara Republik Indonesia ini karena di dalam diri masyarakat Minangkabau mengalir darah para pejuang pemersatu bangsa, pejuang dan orang yang cinta dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gubernur juga mengajak para peserta upacara yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat untuk tidak melupakan sejarah dan menghargai jasa para pahlawan khususnya dalam peristiwa Situjuah yang merupakan mata rantai Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 1948-1949 di Sumatra Tengah dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

“Perisitiwa ini penting untuk terus diingat dan diceritakan pada generasi muda sebagai pelajaran berharga, bagaimana para pejuang melakukan pengorbanan dengan semangat bela negara menjaga kedaulatan NKRI, tidak hanya dengan berperang, tapi juga dengan berpolitik dan diplomasi,” ujar gubernur.

Di akhir amanat Gubernur mengingatkan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama warga negara Indonesia agar tidak mudah di benturkan satu sama lain seperti yang telah di tunjukan oleh pejuang terdahulu.

Turut hadir dalam upacara peringatan peristiwa Situjuh tersebut Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, jajaran Forkopimda Sumatera Barat, Bupati/Walikota se Sumatera Barat, jajaran Forkopimda Kabupatan 50 Kota serta beberapa keluarga pejuang peristiwa situjuh baik yang berada di dalam maupun di luar Sumatera Barat. (hms*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.