Press "Enter" to skip to content

Survei Kepuasan Masyarakat Bulan Februari : 96 % Dari 431 Orang Responden Nyatakan Pelayanan Publik Polres Payakumbuh “Sangat Baik”

Dalam rangka membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK), Polres Payakumbuh terus melakukan pengujian terhadap kualitas pelayanan publik dan indeks persepsi anti korupsi melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilaksanakan secara online dan mandiri.

Pada bulan Januari, SKM pelayanan publik Polres Payakumbuh terhadap tiga layanan utama meliputi layanan SIM, SKCK dan SPKT mencapai hasil 95,56 % “sangat baik” dari nilai maksimal 100 dan Indeks Persepsi Anti Korupsi dengan nilai rata-rata indeks 3,82 dari nilai kisaran tertinggi 4,00.

Tidak jauh berbeda dengan bulan Januari, hasil SKM bulan Februari mengalami peningkatan pada Indeks Pelayanan Publik namun terjadi sedikit penurunan pada Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK), kata Kapolres Payakumbuh AKBP Dony setiawan, Sabtu (21/3).

Survei Kepuasan Masyarakat Bulan Februari 2020

Menurutnya, kualitas pelayanan publik dari tiga layanan utama Polres memperoleh nilai rata-rata 96,18 % (kategori sangat baik) dengan rata-rata Indeks Pelayanan Publik (IPP) sebesar 3,85 dan rata-rata Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) sebesar 3,74 dari nilai kisaran tertinggi 4,00.

Hasil tersebut diperoleh dari survei terhadap 431 orang responden yang terdiri dari pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 204 responden (123 laki-laki dan 81 perempuan), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebanyak 151 responden (90 laki-laki dan 61 perempuan) dan pemohon layanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) sebanyak 76 responden (32 laki-laki dan 44 perempuan).

Kapolres Payakumbuh menuturkan bahwa dalam bulan Maret ini jajarannya masih membenahi budaya pelayanan. Menurutnya, prioritas pembenahan ini didasari pada SKM bulan Januari dan Februari.

Kelengkapan dan kenyamanan fasilitas pelayanan tidak menjamin kita bisa mempertahankan hasil SKM yang dapat memenuhi syarat minimal dalam penilaian pembangunan ZI menuju WBK. Bukannya tidak penting, tapi budaya pelayanan yang ramah dan betul-betul melayani jauh lebih penting dan ini adalah kunci utama dalam meraih kepercayaan masyarakat“, ujar Kapolres Payakumbuh. (Hms)

Baca juga :

Survei Kepuasan Masyarakat Online, 83% Responden Nyatakan Pelayanan Publik Polres Payakumbuh “Sangat Baik”

Survei Kepuasan Masyarakat Bulan Januari : 95 % Responden Nyatakan Pelayanan Polres Payakumbuh Sangat Baik

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.