Press "Enter" to skip to content

SETUM POLDA SUMBAR LAKSANAKAN SUPERVISI NASKAH DINAS POLRI KE POLRES PAYAKUMBUH

Sekretariat Umum (SETUM) Polda Sumatera Barat (Sumbar) Melaksanakan Supervisi Tahun 2022 Ke Polres Payakumbuh untuk menyampaikan Naskah Dinas Polri (Pelaksanaan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2017 tentang naskah dinas dan Tata persuratan dinas di lingkungan Polri), Kamis (27/10/) lalu.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rupatama Polres Payakumbuh dihadiri oleh Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan, S.H Kabag SDM Polres Payakumbuh Kompol Eko Yunialis, S.H. Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Payakumbuh IPTU Rinaldi, Seluruh Paur Mintu/Kaur Mintu masing-masing Bag, Sat, Sie Polres Payakumbuh dan Kasium Polsek se-Jajaran Polres Payakumbuh.

Sedangkan Tim Supervisi Setum Polda Sumbar yang datang Ke Polres Sawahlunto dipimpin oleh Kaurrenmin Setum Polda Sumbar AKP Efriadi, S.H., Kaur Arsip Setum Polda Sumbar PENATA SULMAYETI, S.E., Banum Takah Setum PENGATUR I SUSILAWATI, Banum Ren Setum BRIPTU PUJA PRITAMA RIZALNI serta Banum Setaka Setum Polda Sumbar BRIPDA YOGA A.P.

Dalam Sambutannya Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan, S.H mengucapkan terimakasih kepada ketua Tim Supervisi Setum Polda beserta rombongan yang telah berkenan hadir ke Polres Payakumbuh dan di harapkan kepada personel dapat mengikuti kegiatan asistensi dengan serius dan sungguh sungguh-sungguh.

“Kedatangan Tim Supervisi Setum Polda Sumbar ke Polres Payakumbuh bukan untuk mencari cari kesalahan, tapi supaya kita semua mengetahui dan bisa memperbaiki apa yang masih kurang selama ini mengenai naskah dinas sesuai Perkap Nomor 7 Tahun 2017 tentang naskah dinas dan Tata persuratan dinas di lingkungan Polri,” ujar Wakapolres.

Dirinya juga menambahkan supervisi ini penting, sebagai bentuk melihat, meninjau, dan menilai serta memberikan evaluasi tentang naskah dinas dan Tata persuratan dinas di lingkungan Polres Payakumbuh sehingga dapat tertata dengan baik dan rapi.

“Bagi personel pengemban fungsi kesekretariatan di lingkungan Polres maupun Polsek agar aktif bertanya kepada tim jika ada penyampaian materi yang kurang jelas atau kurang memahami cara pembuatan atau penyusunan naskah dinas yang baik dan benar.” tegasnya.

Sementara Akp Efriadi, S.H Mengatakan bahwa kegiatan Supervisi yang di laksanakan merupakan perintah pimpinan yang harus sama-sama di laksanakan untuk membimbing dan menunjukan mengenai tentang naskah dinas dan Tata persuratan dinas serta Pengarsipan yang sesuai dengan Perkap Nomor 7 Tahun 2017.

“Administrasi merupakan kegiatan yang sangat penting karena menyangkut kewibaan pimpinan dan institusi oleh karena bagi personel yang mengemban fungsi sekretariatan harus mengerti dan memahami hal tersebut,” Tambahnya.

“Supervisi ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun kesamaan persepsi dalam pembuatan dan penyusunan naskah dinas baik secara manual maupun elektronik sebagaimana diatur dalam peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2017 sehingga bisa meminimalisir keselahan pendistribusian surat keluar,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Paparan atau Pendalaman materi oleh tim supervisi tentang naskah dinas dan Tata persuratan dinas di lingkungan Polri sesuai Perkap Nomor 7 Tahun 2017 kepada Personil Polres Payakumbuh yang hadir dalam kegiatan Supervisi tersebut.

Selain Tim Supervisi Setum Polda Sumbar juga menyampaikan bagaimana tata cara yang benar mengenai pemusnahan arsip arsip yang ada di Dinas Kepolisian RI guna menghindari kesalahan prosedur Bagi personel pengemban fungsi kesekretariatan di lingkungan Polres maupun Polsek. (hms*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.