Press "Enter" to skip to content

Satpas Polres Payakumbuh Pastikan Terbitkan SIM Tanpa Calo dan Pungli

Satuan Penyelenggara Adminiatrasi SIM ( Satpas ) Polres Payakumbuh tegaskan untuk urusan penerbitan SIM tanpa melalui calo dan pungutan-pungutan yang tidak sesuai dengan aturan.

Kasat Lantas Polres Payakumbuh Iptu Anggy Prasetyo, S.T.K.S.I.K menjelaskan sudah tidak zamanya lagi penerbitan Surat Ijin Mengemudi (SIM) melalui calo dan pungutan-pungutan liar yang tidak sesuai dengan aturan.

” SIM ini merupakan salah satu dari Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP ), penggunaan calo dan membebankan pungutan liar terhadap masyarakat adalah suatu bentuk pelanggaran yang massive, ” ujar Kasat.

Kasat Lantas juga telah berikan penekanan tegas terhadap anggotanya untuk menghindari praktek calo dan pungutan liar terhadap masyarakat pemohon SIM.

” Sesuai arahan pimpinan saya sudah berikan warning kepada anggota, jika ada yang coba melanggar akan di berikan tindakan tegas terhadapnya, ” ujar Kasat.

Kasat juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melalui segala prosedur dalam pembuatan SIM, tidak perlu lagi meminta untuk memuluskan pengurusan SIM dengan iming-iming biaya tambahan kepada petugas.

” Kita akan permudah segala urusan tanpa mengurangi Standard Operasional Prosedure ( SOP ), salah satunya dengan pemberian bimbingan sebelum melaksanakan ujian dan menempatkan personil Propam dalam rangka pengawsan terhadap pelaksanaan pemerbitan SIM untuk menghindari praktik pungli dan calo. (hms*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.