Press "Enter" to skip to content

Menjadi Problem Solving Bagi Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Mediasi Permasalahan Warga

Payakumbuh,- Permasalahan antar warga di daerah binaan kerap di temukan oleh personil Bhabinkamtibmas pada saat bertugas, di antaranya banyak yang di sebabkan oleh kesalahpahaman antar warga itu sendiri.

Peran seorang personil Bhabinkamtibmas sangat di butuhkan ketika terjadi permasalahan di kalangan masyarakat sebelum sampai kepada fase laporan kepolisian yang akan menuntut terjadinya proses hukum.

” Sebagai personil Bhabinkamtibmas yang bertugas di daerah binaan sebagai garda terdepan Polri di tengah masyarakat kita di tuntut harus bisa bersinergi dengan masyarakat demi situasi yang kondusif termasuk penyelesaian masalah antar warga baik itu persoalan kesalah pahaman hingga ke persoalan pidana, ” ungkap Aiptu Dony Sandra, S.E salah satu personil Bhabinkamtibmas Polsekta Payakumbuh Polres Payakumbuh.

Menurutnya lagi masyarakat sering mengedepankan ego sektoral ketika terjadi suatu permasalahan, hal ini di pandang wajar karena sudah menjadi sifat manusia selalu merasa benar.

” Sering terjadi walau tidak semuanya, bersama-sama dengan perangkat daerah binaan lainya seperti Lurah, Babinsa, Karang Taruna dan sebagainya kita akan berusaha menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah warga dengan jalan memediasi satu sama lain, bahkan permasalahan pidana pun akan kita usahakan mediasi dengan cara restorasi justice di lihat dari skala besaran kerugian dan dampak yang di timbulkan dari permasalahan tersebut, ” ujar Dony lagi.

Dengan hadirnya Bhabinkamtibmas bertindak sebagai problem solving di tengah masyarakat harapanya semua permasalahan di tengah masyarakat dapat terselesaikan dengan baik tanpa ada pihak yang merasa di rugikan. (hms*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.