Press "Enter" to skip to content

Polres Payakumbuh Amankan Jalanya Eksekusi Lahan Seluas 8,5 Ha Oleh PN Payakumbuh

Payakumbuh,- Sebanyak 90 orang personil Polres Payakumbuh yang tergabung dari beberapa fungsi dan polsek jajaran amankan jalanya eksekusi lahan seluas 8,5 Ha oleh Pengadilan Negeri Payakumbuh bertempat di Kelurahan Padang Karambia Kec. Payakumbuh Selatan, Kamis (22/12)

Selain pihak kepolisian eksekusi lahan kering/kebun, dan rumah itu juga melibatkan pihak TNI, dan POM TNI, serta dihadiri pihak Kecamatan dan Kelurahan yang mana sebelumnya lahan tersebut telah bersengketa sejak tahun 2013.

Eksekusi lahan yang tak jauh dari jalan menuju TPA Sampah itu sesuai Penetapan Pengadilan Nomor 1.b/Pen.Eks/2021/PN Pyk tanggal 21 Desember 2022 terkait surat permohonan eksekusi Nomor 3/Pdt.G/2013/PN Pyk. Jo Nomor 13/PDT/2014/PT.PDG Jo Nomor 2067 K/PDT/2014 dari Iskandar, SH selaku penasihat hukum dari Firman M, Defriadi Dt. Noruanso Mangiang Nan Panjang serta Irwan yang merupakan pihak pemohon Eksekusi yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Payakumbuh tanggal 12 Maret 2021.

Sebelum melakukan eksekusi, Panitera PN Payakumbuh secara bergantian membacakan putusan pengadilan terkait eksekusi lahan dan disaksikan para pihak, baik pemohon Eksekusi maupun termohon. Usai membacakan putusan, Panitera langsung melakukan pemancangan batas lahan, pemasangan papan pemberitahuan dan diikuti dengan pembersihan lahan menggunakan alat berat jenis escavator, chinsaw dan berbagai alat lainnya. Satu unit escavator diturunkan untuk meratakan lahan tersebut.

Tak ada perlawanan dari pihak termohon saat eksekusi berlangsung, meski mereka sedikit protes terkait luas lahan yang disebut melewati batas tanah mereka.

Usai eksekusi, Kabag Ops Polres Payakumbuh AKP Romarpus Almi, S.H selaku Kepala Pengamanan Eksekusi saat di konfirmasi menyebutkan bahwa lokasi/lahan tersebut telah berperkara sejak tahun 2013 lalu, bahkan telah sampai ke tingkat Kasasi di Mahkamah Agung (MA).

” Alhamdulillah jalanya eksekusi berjalan lancar, tidak ada perlawanan dari pihak tergugat semua berlangsung normal dan kondusif, ” ujarnya. (hms*)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.